Masuk

Ingat Saya

MENGAPA LANGIT BERANEKA WARNA

MENGAPA LANGIT BERANEKA WARNA

Pelangi-pelangi …… alangkah indahmu.

Merah, Kuning, hijau di langit yang biru

Pelukismu agung…. Siapa gerangan ?

Pelangi-pelangi ciptaan Tuhan

Lagu itu sering dinyanyikan anak-anak. Pelangi memang indah. Langit biru sering kita lihat. Siapa penciptanya? Tentu Allah Tuhan Semesta Alam. Tetapi pernahkah terpikirkan mengapa warna pelangi tersebut beraneka warna seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu (biasa disingkat dengan Mejikuhibiniu) sementara langit hanya berwarna biru ? Padahal keduanya ada di atas bumi dan tidak benar-benar ada.

Mengapa demikian ??

Sebenarnya Warna pelangi dan warna langit ada hubungannya. Penyebutan kedua warna tersebut berasal dari cahaya matahari. Cahaya matahari yang berwarna putih itu sebenarnya terdiri dari bermacam-macam warna. Ketika terjadi hujan di tempat yang jauh atau rintik-rintik air, cahaya matahari dibiaskan kearah kita sehingga kita akan melihat warna pelangi yang beraneka warna tersebut.

Pelangi sebenarnya hasil penguraian warna cahaya matahari oleh titik-titik air hujan. Cahaya putih sinar matahari itu diuraikan menjadi warna mejikuhibiniu atau warna pelangi yang sering kita lihat tersebut.

Untuk sampai kebumi, cahaya matahari harus menembus lapisan udara atau atmosfer. Di atmosfer terjadi penghamburan warna cahaya matahari. Tidak semua cahaya dihamburkan, hanya cahaya biru sampai ungu yang dihamburkan. Itulah yang menyebabkan langit berwarna biru.

Pemandangan langit biru

Pemandangan langit biru

Karena bumi kita bulat, lapisan atmosfer itu melengkung meliputi permukaan bumi. Kalau kita melihat kearah kaki langit, berarti kita melihat kearah mendatar. Tebal atmosfer ke arah mendatar dan keatas berbeda. Ke arah mendatar, atmosfer lebih tebal daripada keatas karena kelengkungan atmosfer tersebut. Ini juga berpengaruh terhadap warna matahari di kaki langit.

Perhatikan saat matahari terbit atau terbenam di kaki langit. Warnanya kuning kemerah merahan. Perhatikan juga matahari waktu tengah hari. Warnanya putih cemerlang dan menyilaukan. Mengapa warnanya berbeda ??

Warna matahari berhubungan erat dengan langit biru. Ketika di kaki langit, ketika terbit atau tenggelam, warna biru cahaya matahari banyak dihamburkan. Ini disebabkan lapisan atmosfer yang dilaluinya paling tebal. Karenanya cahaya matahari terbanyak yang diteruskan adalah cahaya merah dan kuning. Akibatnya matahari di kaki langit terlihat berwarna kuning kemerahan.

Warna-warni langit

Warna-warni langit


Ketika berada di atas, lapisan atmosfer paling tipis, cahaya yang dihamburkan sedikit. Akibatnya matahari terlihat putih dan sangat kuat cahayanya sehingga menyilaukan mata.


 

Munasyaroh Fadhilah
Seorang Penulis dan blogger dari sebuah desa di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Hasil tulisan lainnya bisa dilihat di http://munasya.com dan http://sy4roh.wordpress.com