Masuk

Ingat Saya

MELAWAN TERORIS MULAI DARI DIRI SENDIRI

MELAWAN TERORIS MULAI DARI DIRI SENDIRI

Hampir setiap hari terdengar berita pengeboman dimana-mana. Indonesia diguncang bom, Lebanon diguncang bom, Saudi diguncang bom, Turkey digoncang bom, Pakistan diguncang bom, India diguncang bom, Paris diguncang Bom, Madrid diguncang Bom dan seterusnya. Berita semacam itu sudah mewarnai dunia. Saking seringnya hingga kadang jadi meme di sosial media seperti yang ramai di jakarta beberapa waktu yang lalu.

(sumber gambar : Solopos.com)

(sumber gambar : Solopos.com)

Meskipun sudah sering terjadi bom yang meledak di mana-mana namun kejadian sebuah bom baik yang sudah meledak maupun yang belum sempat meledak sampai saat ini masih menjadi sebuah momok yang menakutkan di masyarakat. Baik masyarakat domestik di Indonesia maupun masyarakat dunia.

Peristiwa sebuah bom dewasa ini selalu dikaitkan dengan Terorisme. . Dan gerakan terorisme ini selalu dikaitkan dengan aktivitas suatu kelompok/golongan tertentu yang terorganisir dan terencana dengan baik.

Terorisme adalah sebuah simbol perlawanan terhadap negara untuk memperjuangkan kepentingan politik dan ideologi tertentu. Penggunaan bom sebagai media propaganda teror sungguh tidak beradab dan dirutuk oleh semua kalangan. Teror dengan menggunakan media bom bukan hanya menimbulkan kerusakan material namun juga kematian yang tidak sedikit jumlahnya. Tengoklah bom bali yang menewaskan ratusan orang. Kebencian-kebencian baru juga tumbuh subur akibat adanya aksu teror bom tersebut. Seluruh dunia sepakat bahwa teror bom bukanlah sebuah perilaku kriminal biasa namun sudah menjadi kejahatan kemanusiaan yang harus dibasmi tuntas sampai ke akar akarnya.

Untuk membasminya, semua elemen masyarakat perlu dilibatkan. Kita tidak mungkin hanya mengandalkan kekuasaan negara ataupun pemerintah untuk memberantas aksi-aksi teror ini. Diperlukan upaya proaktif masyarakat dalam menanggulanginya. Tidak perlu sebuah tindakan besar untuk membantu, cukup dimulai dari diri sendiri dengan mulai hal-hal kecil di sekitar kita. Menyingkirkan ketakutan dan meningkatkan kewaspadaan bisa menjadi salah satu caranya.

Semua orang tentu menginginkan adanya keamanan dan kenyamanan di lingkungan sekitarnya. Mendeteksi secara dini aksi teroris, mengungkapkannya dan memenangkap pelaku teror bom serta menghukum pelaku-pelakunya merupakan keinginan semua orang. Karena itu diperlukan sebuah kewaspadaan dan kecermatan terhadap hal-hal yang mengganjal di sekitar kita. Segera melaporkan hal-hal tersebut kepada pihak yang berwenang. Untuk memberantas aksu teroris, diperlukan kerja sama yang solid antara TNI/Polri dan segenap elemen masyarakat.

(sumber gambar : koleksi pribadi)

(sumber gambar : koleksi pribadi)

Teror bom sebuah fenomena yang mengganggu. Namun demikian jangan sampai kita terjebak pada kedok agama yang mereka gunakan, karena agama manapun tidak memperbolehkan menyakiti apalagi membunuh orang tak berdosa, karena sekali lagi apapun motivasinya terorisme adalah tetap pelaku kriminal yang harus dihukum

Munasyaroh Fadhilah
Seorang Penulis dan blogger dari sebuah desa di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Hasil tulisan lainnya bisa dilihat di http://munasya.com dan http://sy4roh.wordpress.com