Masuk

Ingat Saya

PENDIDIKAN DAMAI DARI PESANTREN

PENDIDIKAN DAMAI DARI PESANTREN

Ciri peradaban bangsa yang maju diantaranya dapat dilihat dari pola pikir dan perilaku yang maju dari masyarakatnya. Sebuah bangsa yang kuat tercermin dari nilai-nilai dasar yang dijadikan pedoman hidup dengan harapan bisa menyikapi segala perilaku menyimpang atau negatif. Namun berbagai persoalan muncul diera globalisasi ini disebabkan oleh penurunan moral dan karakter yang terbangun dari masyarakatnya sendiri.

Degradasi moral dan karakter inilah yang sangat membutuhkan peran para pemuda sebagai penerus estafet bangsa. Mereka dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menghadapi dan menyikapi modernisasi diera globalisasi ini, hal yang dibutuhkan yaitu karakter. Karakter yang kuat barus ditanamkan pada diri masing-masing pemuda bangsa ini, agar mereka tidak kehilangan jati dirinya sebagai warga negara Indonesia.

dscn0585

Sungguh memalukan apabila mendengar kasus-kasus kriminal yang melibatkan para insan muda bangsa ini, Pelajar yang seharusnya menjaga martabat dan nilai etika bangsa malah terjebak pada budaya-budaya barat dan tak sedikit yang terjerumus pada pergaulan bebas. Dan salah satu lembaga yang berperan dalam menjaga dan membentuk karakter remaja adalah Pondok Pesantren.

Pada dasarnya Pesantren atau sekarang ini  lebih dikenal dengan sebutan ”boarding school”, merupakan suatu komunitas dengan unsur utama yaitu kiai, santri, masjid, pondok, dan kitab-kitab islam klasik. Diantaranya yaitu: nahwu dan sorof, tafsir, tauhid, tasawwuf, dan lain-lain.

Pesantren adalah salah satu institusi yang telah berdiri sejak masa kolonialisme yang sanggup bertahan sampai sekarang meskipun ada modernisasi dan globalisasi. Namun bukan berarti pesantren tertutup pada peradaban zaman, sekarang ini telah banyak pesantren yang mengadopsi sistem pendidikan modern, memakai bahasa pengantar asing (Arab dan Inggris) guna menyiapkan generasi yang siap pada era berkembang saat ini tanpa meninggalkan budaya dan karakter asli dari pesantrennya.

gazebo

Pesantren melaksanakan pendidikan keagamaan yang bersumber dari karya-karya Islam klasik. Pondok pesantren masih tetap diakui oleh masyarakat karena beranggapan bahwa pendidikan dan kepribadian pesantren lebih unggul dibandingkan pendidikan sekolah atau madrasah.

Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang didirikan untuk memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral dan karakter Islam sebagai pedoman hidup bermasyarakat sehari-hari. Istilah pesantren telah akrab pemakaiannya dikalangan masyarakat untuk membedakan antara pendidikan Islam dan pendidikan umum.

Munasyaroh Fadhilah
Seorang Penulis dan blogger dari sebuah desa di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Hasil tulisan lainnya bisa dilihat di http://munasya.com dan http://sy4roh.wordpress.com